Friday, July 23, 2010

Easy Chit-Chat

Hari ini, agendanya nggak di kantor aja. Ada waktu keluarnya. Kok enak? Ya iya, lah.. tapi bukan keluar kelayapan lho.. Ini ketemu klien. Masih yang dari India, sih. Yang kemarin sore kita sudah ada meeting dengan beliaunya. hari ini cuma lunch dan antar beliaunya ke airport.

Ada banyak hal baru yang aku dapatkan selama lunch dengan technician dari India ini. Beliau bercerita cukup banyak tentang India. Khususnya di Calcutta, tempat domisili beliau. Di sana, taraf hidupnya tidak terlalu mahal. 11-12 lah sama Surabaya, tapi yang mencengangkan, gaji untuk S1 (fresh graduate) di sana bisa sampai 6juta rupiah! hahahahaaa.... Mulai tertarik? hehehheeee...

Bukan cuma itu saja sih, aku sempat bertanya tentang kain Sari yang biasa kita lihat kalau di film-film India gitu. Menurut Mr. Ashutosh Bose, nama tamu kami dari India tersebut (aku baru ingat kalau belum menyebutkan namanya yah dari tadi. hahahaa). Rupanya, pakaian India yang disebut Sari itu memang pakaian sehari-hari wanita di India sana.

Photo of: India Girl in Sari Clothes (sumber: kpkk.gov.my)


Katrina Kaif, salah satu artis dan model India dalam busana Sari
Aku bercerita pengalamanku yang sempat mengenakan pakaian Sari tersebut untuk keperluan drama. Hufff.. susah mengenakannya, sudah begitu sempit dan membuatku susah bergerak. Eh, belum lagi aksesoris-aksesoris yang mencapit di jari-jemariku. Sakit euy. Namun rupanya, menurut Mr. Bose, wanita-wanita di sana sudah sangat terbiasa dengan pakaian Sari (ya iyalah, namanya juga pakaian asli sana), dan bisa berlari kencang walaupun mengenakan pakaian Sari yang kainnya bertumpuk dan sempit. Menarik, yah. Walaupun memang, yang generasi sekarang ini, sudah mulai meninggalkan pemakaian Sari untuk pakaian sehari-hari.

Photo of Me in Sari Dress

Mr. Bose menyebutkan lagi satu adat di India, yaitu kita bisa mengenali seorang wanita sudah menikah atau tidak hanya dari aksesoris dan Pindhinya. Pindhi yang kumaksud adalah seperti aksesoris yang menempel di tiap dahi perempuan India. Familiar kan? Nah, khusus untuk yang telah menikah, Pindhi itu harus berwarna merah. Kalau masih lajang, terserah saja mau warna-warni Pindhinya. Juga ada aksesoris gelang-gelang tertentu bagi perempuan India yang sudah menikah.

Ada juga mengenai kebiasaan mereka yang selalu menggunakan tangan untuk menyantap makanannya. :) bahkan untuk masakan berkuah sekalipun. Karena mereka biasa memakannya dengan dicampur dengan nasi dan roti Prata khas India itu. Mirip-mirip sama Roti Timur Tengah itu yah.. Hmmm... ;)

Yah..sebuah pengalaman menyenangkan, bercakap-cakap dengan seseorang dari negara yang asing :) Dari sanalah, kita bisa mengetahui banyak hal-hal baru yang pastinya menarik :)

1 comment:

  1. Wah kalo ketemu lagi Va, bilangno ya aku suka Bollywood Dance yang versi modern sudah digabung dengan berbagai macam cabang tarian. Hehehehe!

    ReplyDelete

thank's for the comments....
always keep in touch.. okay!!