Sunday, August 03, 2008

pengaruh media

oke..
aq mulai memahami bener pengaruh media terhadap dampak ke depannya sesuatu..
apapun itu..
bahkan mengenai suatu kontes pencarian bakan menyanyi di RCTI yang barusan bubar beberapa kemarin, sabtu, 2 Agustus 20008.. Indonesian Idol..

suatu ajang pencarian bakat melalui bernyanyi yang lumayan lah dibandingkan kompetitor sejenisnya yang udah lama punah,,, (u know lah..)..

well, yang menarik dan ingin aq bahas di sini adalah kalo ternyata ucapan seseorang yang akhirnya tertulis di media dan akhirnya dibaca luas oleh seluruh masyarakat dapat berdampak cukup berpengaruh,,,

pada awalnya, aq merasa yakin kalo Giselle yang akan jadi the next indol.. tapi aq mulai pikir2 lagi setelah baca artikel tentang dia di salah satu surat kabar di Surabaya.

yah, entah sang wartawan merangkai sendiri kata2 dengan kalimatnya sendiri atu itu bener2 kluar dari mulut Giselle sendiri, tapi buatQ, apa yang tercetak dan dibaca oleh semua orang di sekitar 4 kolom artikel singkat itu berpengaruh besar terhadap persepsi masyarakat, termasuk aq.

tertulis di sana bahwa Giselle malu kalo di antar oleh ayahnya yang cuma naik vespa.
dia ga buka2an ttg kluarganya karena dia gengsi, apalagi udah skul di skul yang emang the top lah di Sby.
i know it because i was also a student in the same name school (ada beberapa sekolahnya. Giselle yang 1, aq yang 5)
dia juga menyatakan "biar miskin asal keren" wokhe.. asli atw ga pernyataan itu, tapi itu sudah tertulis dan tersebar dan terbaca....

ini berbeda dengan Aris yang memaparkan kehidupan keras dan kejamnya seorang pengamen yang selama ini dia jadikan usaha untuk sesuap nasi. Aris menonjolkan sisi lemahnya dia..
sedangkan Giselle, dia memang menonjolkan sisi lemahnya di awal saat dia berkata ayahnya hanya tukang reparasi AC, ibunya hanya ibu rmh tangga biasa. tapi kemudian dia menunjukkan ke....emm.. aq kurang tahu kata2 apa yang pas.. dengan mengatakan segala hal itu..

terbukti dengan akhirnya terpilihnya Aris sebagai the next indol 2008..
padahal.. kalo seluruh indonesia bener2 melihat kualitas dan mendengarkan saat Giselle berduet dengan Mike menyanyikan lagu TIME TO SAY GOODBYE milik Andrea Boccelli itu... woooowww..
aq yang pada aawalnya tidak terlalu tertarik dengan Giselle gara2 dia sering dipuji cantiknya sama Anang (salah satu jurinya) daripada merdunya ini malah jadi kuaguumm buangeettt..

Giselle bener2 menunjukkan kualitasnya di sini..

sementara Aris.. yah Maap banget buat semua penggemar Aris..
menurutku terlalu standar and biasa ajah...

Giselle yang selama ini banyak pendukungnya kok bisa kalah ya?
apalagi melihat penampilan dia tadi..
amazing!
malah waktu duet dengan Aris membawakan lagunya Yovie n The Nuno, Aris sering salah nada n mencong2 sementara Giselle mantep bgt..

aq mulai menarik suatu kesimpulan sederhana...
ada pengaruhnya pasti dengan pemberitaan media..
pasti..

jangankan ke luar2, di kalangan kampus aja, waktu aq ngobrolin ni, anak2 juga udah ilfeel sama Giselle..

karena di aterkesan ga menghargai orangtuanya, terlalu jaga gengsi, malu kalo ketahuan ga sekaya teman2nya..
stuffs like that,,

anyway..
menrutQ,, Giselle boleh2 ajah bilang soal ayahnya yang cuma tukang reparasi AC, dan ibunya yang cuma ibu rmh tangga biasa.. tapi kalo mengumbar semuanya di media.. well..
it can be a weapon for u, or it can be a weapon on you...






***PS : setuju ga, kalo ANANG di CUT dari jajaran dewan juri INDOL?
komen2nya ga banget.
So Simon Cowell wannabe.

okay, itu tadi interupasi perasaan aja.hehehe

1 comment:

  1. setuju kalo anang dicoret aja..komennya jayus abis dan lebih banyak gak mutunya.

    setuju kalo media memang ngefek banget :) that what we learned last semester, rite?! so, now..as a journalist, which one you wanna choose? give the good effect, or the bad? you decide it...

    ReplyDelete

thank's for the comments....
always keep in touch.. okay!!